Berita

Pembangunan Basis Data Kantah Kampar (KKP Fighter's)

26 April 2013 | 16:06 - Kantor Pertanahan Kabupaten Kampar  -  Liputan Yuniar Kurnia Putri

Kantor Pertanahan Kabupaten Kampar

  EMAIL     PRINT


 Pembangunan Basis Data Kantah Kampar (KKP Fighter's)
           Pelaksanaan kegiatan pembangunan data berbasis komputerisasi (Geo KKP) kini menjadi perhatian lebih di Kantor Pertanahan Kabupaten Kampar. Dengan penuh semangat dan kerjasama yang baik yang dilakukan oleh para pegawai, kegiatan Geo KKP ini dapat berjalan sesuai dengan rencana strategi yang diterapkan. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 tim, yakni tim tekstual dan tim spasial. Tim Tekstual bertugas melakukan entri buku tanah aktif dan Tim Spasial bertugas melakukan import peta bidang dengan berbagai tahapan, yakni scan peta bidang, standarisasi dan import peta.

Kegiatan pembangunan basis data pertanahan (Geo KKP) ini  dilakukan disela-sela kesibukan seluruh pegawai dalam kegiatan Prona dan Rutin yang sedang berlangsung. Pelaksanaan kegiatan Geo KKP ini dilaksanakan pada malam hari, disaat seluruh kegiatan rutin, prona dan kegiatan lainnya telah sejenak selesai. Peran aktif dari seluruh pegawai baik itu pejabat, staff, surveyor, sampai tenaga sukarela menjadi modal dasar dari kegiatan Geo KKP ini. Kepala Kantor dalam hal ini juga telah membuat Surat Keputusan Kepala Kantor Nomor 98/KEP-14.01/III/2013 tentang Penunjukkan Petugas Pelaksana Kegiatan Geo KKP Kantor Pertanahan Kabupaten Kampar yang mendasari dari kegiatan Geo KKP ini agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik.

                Dalam pelaksanaannya, telah nampak kenaikan Kualitas Data Pertanahan dari 42 % dan kini dalam 2 bulan terakhir berhasil meningkat menjadi 57,04%, yakni naik sekitar 15%. Kegiatan ini masih terus dilakukan dengan memfokuskan pada penyelesaian KW 5. Kegiatan Geo KKP ini juga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas data pertanahan dengan kenaikan persentase, namun juga kegiatan ini dilakukan dengan tujuan melengkapi dan membenahi peta dasar (peta index) Kabupaten Kampar.